Random Post

01.11
0
Cara Mengatasi Rasa Malu

.

  Ada banyak orang yang mengidentifikasikan diri mereka sebagai orang yang pemalu. Rasa malu
bagian sebagian orang adalah hal yang sangat menakutkan dan tidak menyenangkan, mungkin karena berdampak pada kehidupan sosial mereka. Namun anda harus tahu bahwa setiap masalah pasti ada pemecahan. Begitu pula dengan rasa malu, jika anda mau belajar untuk menghadapinya, anda pasti punya kesempatan untuk keluar dari perasaan malu tersebut.
Berikut ini akan disampaikan beberapa cara efektif untuk mengurangi atau menghilangkan rasa malu:

Belajar dari orang yang “sama”

Mengatasi rasa malu mungkin bukan perkara mudah, namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Perasaan malu muncul disebabkan oleh beragam faktor, dan itu sangat berkaitan dengan hal-hal yang anda hadapi selama hidup anda. Untuk mengatasi rasa malu, sebaiknya anda mencari banyak informasi dari berbagai media, salah satunya adalah media online. Cari tahu apakah ada orang-orang di sekitar anda yang mengalami masalah yang sama. Cara terbaik untuk menghilangkan rasa malu adalah berlatih. Terlalu banyak membaca dan berteori tidak akan membantu jika anda tidak mempraktikkannya. Anda bisa belajar berkomunikasi dengan orang yang memiliki masalah yang sama dengan anda. Dengan begini, anda tidak akan merasa sendiri dan raya percaya diri anda sedikit banyak akan bangkit kembali.

Mengatasi rasa malu dengan stretching

Maksudnya disini bukan peregangan fisik, melainkan emosi. Kita sebagai manusia memiliki kecenderungan untuk melalukan hal-hal di dalam “zona aman”, artinya tidak membuat kita terbebani saat melakukannya. Inilah mengapa orang-orang yang memiliki kepribadian pemalu lebih cenderung untuk mengisolasi diri dari pergaulan. Tingkat penarikan diri ini berbeda-beda antar setiap individu, dari hanya membatasi pergaulan, sampai yang benar-benar ekstrim menarik diri dari pergaulan. Orang yang mengalami masalah kepribadian ini biasanya lebih senang menyendiri, menonton TV di rumah, bermain game, atau mengkhayal jika suatu saat ia memiliki kehidupan sosial yang lebih baik. Jika seseorang melakukan hal ini secara terus-menerus, maka perasaan malu itu akan semakin tebal dan sulit untuk dihilangkan. Untuk mengatasi rasa malu, anda harus melakukan hal yang sebaliknya. Belajarlah berkomunikasi dengan orang, bisa dimulai dengan berkeliling rumah, menatap orang yang hilir mudik di jalan, atau menyapa orang yang anda temui. Hal ini mungkin akan membuat anda tidak nyaman, namun dengan terus berlatih rasa malu anda perlahan-lahan akan berkurang.

Minta pendapat dari teman

Banyak orang pemalu menganggap diri mereka aneh, dan mereka juga menganggap orang merasakan hal yang sama saat pertama kali bertemu. Anda harus tahu, saat pertama kali bertemu dengan seseorang, kita tidak pernah tahu apa yang dipikirkan oleh lawan bicara kita. Jadi jika anda bersikap  biasa-biasa saja, orang tidak akan pernah tahu bahwa anda memiliki masalah kepercayaan diri. Anda bisa bertanya kepada teman dekat anda tentang bagaimana mereka melihat anda, apa saja kekurangan atau keanehan yang ia tangkap dari diri anda. Dengan begini anda tidak hanya berpikir dari sudut pandang sendiri saja. Walaupun anda menganggap diri anda aneh, belum tentu orang lain berpikiran sama.

Jangan membaca pikiran orang

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kurangnya rasa percaya diri atau rasa malu yang berlebihan, anda mungkin tidak sadar telah berpikir terlalu berat saat berkomunikasi dengan orang. Misalnya anda berpikir, “apa ya yang sedang dia pikirkan saat berbicara dengan saya?”, atau “Sepertinya dia tidak nyaman dengan pembicaraan ini”. Membuat asumsi seperti itu hanya menguatkan rasa malu dan tidak percaya diri dalam diri anda. Oleh sebab itu, berhentilah menjadi ahli nujum yang suka menebak-nebak pikiran orang.
Orang tidak fokus dengan anda saat berbicara belum tentu ia tidak nyaman, mungkin ia sedang menunggu temannya? Orang yang mengeluarkan ekspresi datar saat berbincang dengan anda bukan berarti ia tidak senang dengan perbicangan tersebut, mungkin saja ia baru kena PHK atau diputuskan pacarnya? Tidak ada yang tahu dalamnya pikiran seseorang, oleh sebab itu jangan menjadi “pembaca pikiran” karena ini hanya akan menghambat anda dalam menghilangkan rasa malu.

0 komentar:

Posting Komentar

Quote of the month

> Kegagalan itu sebuah Keberhasilan yang tertunda.